Kamis, 29 November 2012

PENILITIAN TERDAHULU (METODE RISET)

Tema: Kepuasaan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan


Peniliti yang terdahulu meneliti tentang kepuasaan konsumen/pasien:

·         Peneliti Antin Yohana pada tahun 2009 mengenai “ANALISIS HARAPAN DAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP PENYAKIT DALAM TERHADAP MUTU PELAYANAN DOKTER SPESIALIS DI RSI SUNAN KUDUS”. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan populasi rata-rata pasien rawat inap penyakit dalam per bulan di Rumah Sakit Islam Sunan Kudus. Penelitian ini menggunakan tekhnik penilitan wawancara dan observasi termasuk penilitian kuantitatif dengan analisis menggunakan diagram kartesius.
Berdasarkan penilitian ini dapat diketahui bahwa variable kepuasaan pasien terhadap kecepatan pelayanan, keterampilan pelayanan, perhatian pelayanan dan penampilan pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasaan pasien rawat inap terhadap mutu pelayanan dokter spesialis di RSI Sunan Kudus. Rata-rata tingkat kesesuaian dari keempat variabel mutu pelayanan dalam penelitian ini adalah 96,13%.

·         Peneliti Mirah Ayu Putri Trarintya pada tahun 2011 “PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN DAN WORD OF MOUTH  ( STUDI KASUS  PASIEN RAWAT JALAN DI WING AMERTA RSUP SANGLAH DENPASAR”.  Dalam penelitian ini peniliti menggunakan populasi pasien rawat jalan di Wing Amerta RSUP Sanglah Denpasar. Tekhnik pengambilan sample dilakukan dengan metode purposive.
Dalam penelitian ini peniliti menggunakan uji reliabilitas dimana tingkat reabilitas yang dapat diterima adalah 0,7. Kesimpulan dari penilitian ini kepuasan pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap WOM pasien rawat jalan di Wing Amerta RSUP Sanglah Denpasar, yang berarti bahwa jika pasien merasa puas maka pasien tersebut akan meningkatkan intensitas WOM.

·         Penelitian dilakukan oleh Gede Santanu pada tahun 2007 “ANALISIS PENGARUH DIMENSI PELAYANAN TERHADAP KEPUASAAN PASIEN YANG BEROBAT PADA DOKTER PRAKTEK SWASTA DI DEDA DARMASABA, KECAMATAN ABIANSEMAL, BANDUNG”. Peneliti menggunakan populasi pasien yang berobat pada dokter swasta di Bandung.
Dalam penelitian ini pada saat peneliti menggunakan analisa regresi memperlihatkan besarnya hubungan antara kualitas pelayanan sebagai variable independen dengan kepuasaan pasien sebagai variable dependen. Ternyata variable independen berpengaruh pada pembentukan variable dependen sebesar 0.646 atau 65% yang berarti faktor pembentukan kepuasaan pasien disebabkan oleh kualitas pelayanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar