Kamis, 29 November 2012

JURNAL 2 (METODE RISET)


“PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN DAN WORD OF MOUTH  ( STUDI KASUS  PASIEN RAWAT JALAN DI WING AMERTA RSUP SANGLAH DENPASAR )”, Mirah Ayu Putri Trarintya, 2011.

Tema: Kepuasaan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan

Latar Belakang:
Rumah sakit era globalisasi ini bukan hanya mengemban misi sosial. Aspek bisnis dalam pengelolaan suatu rumah sakit sudah menjadi suatu konsekwensi wajar pada era globalisasi. Karena itu rumah sakit tidak perlu lagi mengesampingkan upaya untuk lebih mempromosikan diri. Prasarana dan fasilitas rumah sakit serta kemajuan ilmu kedokteran perlu dijelaskan kepada masyarakat, mengingat persaingan pelayanan medis semakin ketat.

Masalah:
1) Bagaimana pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat jalan di Wing Amerta RSUP Sanglah Denpasar ?
2) Bagaimana pengaruh kualitas pelayanan terhadap WOM  pasien rawat jalan di  Wing Amerta RSUP Sanglah Denpasar ?
3) Bagaimana pengaruh kepuasan terhadap WOM pasien rawat jalan di Wing Amerta RSUP Sanglah Denpasar ?

Tujuan:
1)  Untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan  pasien rawat jalan di Wing Amerta RSUP Sanglah Denpasar. 
2) Untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap WOM  pasien   rawat jalan di Wing Amerta RSUP Sanglah Denpasar.
3) Untuk mengetahui pengaruh kepuasan terhadap WOM pasien rawat jalandi Wing Amerta RSUP Sanglah Denpasar. 

Metodelogi Penelitian
A. Rancangan dan Ruang Lingkup Penelitian
Penelitian ini termasuk dalam kategori riset deskriptif. Penelitian ini dilakukan di wilayah kerja Wing Amerta RSUP Sanglah Denpasar dan penyebaran kuesioner akan dilakukan di ruang tunggu rawat jalan Wing Amerta RSUP Sanglah Denpasar.
B. Jenis Data Menurut Sifat dan Sumber
Menurut sifat:
(1) Data kuantitatif yaitu data yang berupa angka-angka dan dapat dihitung secara matematis, terdiri dari data jumlah kunjungan dan keluhan yang dominan periode 2008 – 2010.
(2) Data kualitatif yaitu data yang tidak berbentuk angka-angka melainkan seperti lokasi penelitian, serta evaluasi pengalaman pasien yang didapat melalui jawaban kuesioner.
Menurut sumber:
(1) Data primer yang dilakukan melalui proses penyebaran kuesioner kepada responden.
(2) Data primer yaitu data tentang kunjungan dan keluhan-keluhan yang dominan dialami pasien.
C. Sample dan Populasi Penelitian
Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan dengan metode purposive (purposive sampling).  Purposive samplingadalah suatu metode untuk memilih sampel yang memiliki tujuan secara subjektif. Menurut Ferdinand, (2006). Hal ini dilakukan karena peneliti telah memahami bahwa kelompok sasaran tertentu saja yang mampu memberikan informasi yang dibutuhkan. Kriteria sampel yang digunakan adalah pasien yang memiliki tingkat pendidikan minimal SMA dengan pertimbangan dianggap mampu untuk menjawab kuesioner secara objektif dan Populasi dalam penelitian ini adalah pasien rawat jalan di Wing Amerta RSUP Sanglah Denpasar.


Hasil Analisa:
Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien rawat jalan di Wing Amerta, yang berarti bahwa jika kinerja kualitas pelayanan meningkat, maka akan meningkatkan kepuasan pasien rawat jalan pada Wing Amerta.


Saran:
Penelitian berikutnya diharapkan menggunakan responden seluruh pasien Wing Amerta tidak hanya rawat jalannya saja. Agar hasil penelitian menjadi lebih luas. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar