“PENGARUH KUALITAS PELAYANAN
TERHADAP KEPUASAN DAN WORD OF MOUTH (
STUDI KASUS PASIEN RAWAT JALAN DI WING
AMERTA RSUP SANGLAH DENPASAR )”, Mirah Ayu Putri Trarintya, 2011.
Tema: Kepuasaan Pasien Terhadap Mutu
Pelayanan
Latar Belakang:
Rumah sakit era globalisasi ini bukan hanya
mengemban misi sosial. Aspek bisnis dalam pengelolaan suatu rumah sakit sudah
menjadi suatu konsekwensi wajar pada era globalisasi. Karena itu rumah sakit
tidak perlu lagi mengesampingkan upaya untuk lebih mempromosikan diri.
Prasarana dan fasilitas rumah sakit serta kemajuan ilmu kedokteran perlu
dijelaskan kepada masyarakat, mengingat persaingan pelayanan medis semakin
ketat.
Masalah:
1) Bagaimana pengaruh kualitas pelayanan terhadap
kepuasan pasien rawat jalan di Wing Amerta RSUP Sanglah Denpasar ?
2) Bagaimana pengaruh kualitas pelayanan terhadap
WOM pasien rawat jalan di Wing Amerta RSUP Sanglah Denpasar ?
3) Bagaimana pengaruh kepuasan terhadap WOM pasien
rawat jalan di Wing Amerta RSUP Sanglah Denpasar ?
Tujuan:
1) Untuk
mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat jalan di Wing Amerta RSUP
Sanglah Denpasar.
2) Untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan
terhadap WOM pasien rawat jalan di Wing Amerta RSUP Sanglah
Denpasar.
3) Untuk mengetahui pengaruh kepuasan terhadap WOM
pasien rawat jalandi Wing Amerta RSUP Sanglah Denpasar.
Metodelogi
Penelitian
A. Rancangan dan Ruang Lingkup Penelitian
Penelitian ini termasuk dalam kategori riset
deskriptif. Penelitian ini dilakukan di wilayah kerja Wing Amerta RSUP Sanglah
Denpasar dan penyebaran kuesioner akan dilakukan di ruang tunggu rawat jalan
Wing Amerta RSUP Sanglah Denpasar.
B. Jenis Data Menurut Sifat dan Sumber
Menurut sifat:
(1) Data kuantitatif yaitu data yang berupa angka-angka
dan dapat dihitung secara matematis, terdiri dari data jumlah kunjungan dan
keluhan yang dominan periode 2008 – 2010.
(2) Data kualitatif yaitu data yang tidak berbentuk
angka-angka melainkan seperti lokasi penelitian, serta evaluasi pengalaman
pasien yang didapat melalui jawaban kuesioner.
Menurut sumber:
(1) Data primer yang dilakukan melalui proses
penyebaran kuesioner kepada responden.
(2) Data primer yaitu data tentang kunjungan dan
keluhan-keluhan yang dominan dialami pasien.
C. Sample dan Populasi Penelitian
Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam
penelitian ini dilakukan dengan metode purposive (purposive sampling). Purposive samplingadalah suatu metode untuk
memilih sampel yang memiliki tujuan secara subjektif. Menurut Ferdinand,
(2006). Hal ini dilakukan karena peneliti telah memahami bahwa kelompok sasaran
tertentu saja yang mampu memberikan informasi yang dibutuhkan. Kriteria sampel
yang digunakan adalah pasien yang memiliki tingkat pendidikan minimal SMA
dengan pertimbangan dianggap mampu untuk menjawab kuesioner secara objektif dan
Populasi dalam penelitian ini adalah pasien rawat jalan di Wing Amerta RSUP Sanglah
Denpasar.
Hasil Analisa:
Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan
signifikan terhadap kepuasan pasien rawat jalan di Wing Amerta, yang berarti
bahwa jika kinerja kualitas pelayanan meningkat, maka akan meningkatkan
kepuasan pasien rawat jalan pada Wing Amerta.
Saran:
Penelitian berikutnya diharapkan menggunakan
responden seluruh pasien Wing Amerta tidak hanya rawat jalannya saja. Agar
hasil penelitian menjadi lebih luas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar