Selasa, 23 Oktober 2012

Metode Riset : Analisis Jurnal 3


Jurnal 3

Judul, Nama, Tahun:
ANALISIS EFEKTIVITAS IKLAN DALAM MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN KARTU SELULER IM3 VERSI “IM3 SERU GRATIS GAK ABIS ABIS”, Vannia Ariestya, 2012.

Tema: Keputusan Pembelian Terhadap Kartu Operator Seluler

Latar Belakang:
Menghadapi era globalisasi menuntut semua sektor bisnis harus memiliki strategi agar dapat bersaing dengan para pesaing lainnya. Salah satunya dengan memperkenalkan produk melalui periklanan. Bagi masyarakat, tanpa iklan akan membawa dampak kurangnya informasi tentang produk yang ditawarkan di pasar. 

Masalah:
1. Bagaimana  brand image iklan  Kartu Seluler IM3 dalam benak mahasiswa di kampus IPB?
2. Bagaimana iklan  Kartu Seluler IM3 mampu mengkomunikasikan pasannya yang efektif kepada mahasiswa di kampus IPB?
3. Bagaimana pengaruh  iklan Kartu Seluler IM3 tersebut dalam mempengaruhi keputusan pembelian mahasiswa di kampus IPB?
4. Bagaimana pengaruh hubungan karakteristik perilaku menonton televisi terhadap keputusan pembelian mahasiswa di kampus IPB?

Tujuan:
1. Mengetahui  brand image iklan  Kartu Seluler IM3 dalam benak mahasiswa di kampus IPB
2. Menganalisis keefektifan dalam mengkomunikasikan iklan  Kartu Seluler IM3 kepada mahasiswa di kampus IPB
3. Menganalisis pengaruh iklan Kartu Seluler IM3 terhadap pengambilan keputusan pembelian mahasiswa di kampus IPB
4. Menganalisis pengaruh hubungan karakteristik perilaku menonton televisi terhadap keputusan pembelian mahasiswa di kampus IPB

Metodologi Penilitan:
1. Data dan Sumber Data
Penilitan ini menggunakan data primer berasal dari angket (kuesioner) yang disebarkan kepada responden. Data sekunder dari penelitian ini bersumber dari situs internet, hasil penelitian individual obsevator lain, kepustakaan dan lainnya.
2. Sample dan Populasi
Pada penelitian ini digunakan teknik pengambilan sampel dengan non probality sampling dengan teknik quota sampling. Non probality sampling adalah teknik pengambilan sampel yang tidak memberikan peluang/kesempatan yang sama bagi setiap unsur populasi untuk dipilih menjadi sampel.  Quota sampling digunakan apabila untuk mengkaji suatu fenomena dari beberapa sisi, responden yang akan dipilih adalah orangorang yang diperkirakan dapat menjawab semua sisi itu (Umar, 2003). Populasi mahasiswa program strata-1 IPB reguler dimulai dari semester 3 hingga semester 8 2011.
3. Pengolahan dan Analisis Data
Uji Validitas dan Reabilitas pengolahan data dilakukan dengan menggunakan uji validitas dan reabilitas. Validitas menunjukkan sejauh mana suatu alat pengukur itu mengukur apa yang ingin diukur.
Skala Pengukuran peneliti menggunakan Skala Likert, yang berhubungan dengan pernyataan tentang seseorang terhadap sesuatu, misalnya setuju-tidak setuju, senang-tidak senang, dan baik-tidak baik (Umar, 2003).
Pengukuran Efektifitas Iklan dengan EPIC model yang diolah dengan menggunakan Analisis Tabulasi Sederhana dan Penghitungan Rata-rata Terbobot (Durianto dkk, 2003)
Pengukuran Efektifitas Iklan dengan DRM digunakan untuk mengevaluasi kekuatan sebuah iklan yang berkaitan dengan kemampuan iklan untuk menarik perhatian konsumen.
Uji Chi-Square penelitian ini dilakukan uji  Chi-Square karakteristik perilaku menonton televisi dengan keputusan pembelian, dengan karakteristik durasi menonton telvisi, kebiasaan menonton televisi, frekuensi menonton televisi dan kebiasaan menonton iklan.

Hasil Analisa
Kartu Seluler IM3 telah menjadi top of mind pada benak konsumen, selanjutnya untuk brand recall, IM3 menduduki posisi kelima setelah Kartu Seluler Axis. Hal ini membuktikan bahwa Kartu Seluler IM3 memiliki posisi puncak pikiran dan memiliki citra di benak konsumen, dengan demikian Kartu Seluler IM3 cukup dikenal masyarakat dan hal ini menjadi peluang bagi Indosat untuk meningkatkan pangsa pasar di Indonesia. Pengukuran efektivitas iklan dengan menggunakan EPIC  Model menunjukan bahwa iklan Kartu Seluler IM3 dinilai telah efektif. Hasil tersebut menunjukan bahwa kinerja dari iklan belum cukup maksimal.

Rekomendasi
Iklan IM3 “IM3 Seru Gratis Gak Abis Abis” telah terbukti efektif di kampus IPB dan mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian kepada responden, maka sebaiknya produsen terus mempertahankan dan meningkatkan kualitas iklan agar lebih efektif. Pada dimensi persuasif hasil menunjukan cukup efektif, sebaiknya perusahaan berusaha untuk lebih meningkatkan kualitas iklan agar 69 konsumen lebih tertarik membeli produk dan mengajak rekan untuk mnggunakan produk Kartu Seluler IM3.


Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar