Jurnal 3
Judul,
Nama, Tahun:
ANALISIS
EFEKTIVITAS IKLAN DALAM MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN KARTU SELULER IM3 VERSI
“IM3 SERU GRATIS GAK ABIS ABIS”, Vannia Ariestya, 2012.
Latar
Belakang:
Menghadapi era
globalisasi menuntut semua sektor bisnis harus memiliki strategi agar dapat
bersaing dengan para pesaing lainnya. Salah satunya dengan memperkenalkan
produk melalui periklanan. Bagi masyarakat, tanpa iklan akan membawa dampak
kurangnya informasi tentang produk yang ditawarkan di pasar.
Masalah:
1. Bagaimana brand image iklan Kartu Seluler IM3 dalam benak mahasiswa di
kampus IPB?
2. Bagaimana iklan Kartu Seluler IM3 mampu mengkomunikasikan
pasannya yang efektif kepada mahasiswa di kampus IPB?
3. Bagaimana
pengaruh iklan Kartu Seluler IM3
tersebut dalam mempengaruhi keputusan pembelian mahasiswa di kampus IPB?
4. Bagaimana pengaruh
hubungan karakteristik perilaku menonton televisi terhadap keputusan pembelian
mahasiswa di kampus IPB?
Tujuan:
1. Mengetahui brand image iklan Kartu Seluler IM3 dalam benak mahasiswa di
kampus IPB
2. Menganalisis
keefektifan dalam mengkomunikasikan iklan
Kartu Seluler IM3 kepada mahasiswa di kampus IPB
3. Menganalisis
pengaruh iklan Kartu Seluler IM3 terhadap pengambilan keputusan pembelian
mahasiswa di kampus IPB
4. Menganalisis
pengaruh hubungan karakteristik perilaku menonton televisi terhadap keputusan
pembelian mahasiswa di kampus IPB
Metodologi
Penilitan:
1. Data dan Sumber Data
Penilitan ini
menggunakan data primer berasal dari angket (kuesioner) yang disebarkan kepada
responden. Data sekunder dari penelitian ini bersumber dari situs internet,
hasil penelitian individual obsevator lain, kepustakaan dan lainnya.
2. Sample dan Populasi
Pada penelitian ini
digunakan teknik pengambilan sampel dengan non probality sampling dengan teknik
quota sampling. Non probality sampling adalah teknik pengambilan sampel yang
tidak memberikan peluang/kesempatan yang sama bagi setiap unsur populasi untuk
dipilih menjadi sampel. Quota sampling
digunakan apabila untuk mengkaji suatu fenomena dari beberapa sisi, responden
yang akan dipilih adalah orangorang yang diperkirakan dapat menjawab semua sisi
itu (Umar, 2003). Populasi mahasiswa program strata-1 IPB reguler dimulai dari
semester 3 hingga semester 8 2011.
3. Pengolahan dan
Analisis Data
Uji Validitas dan
Reabilitas pengolahan data dilakukan dengan menggunakan uji validitas dan
reabilitas. Validitas menunjukkan sejauh mana suatu alat pengukur itu mengukur
apa yang ingin diukur.
Skala Pengukuran peneliti
menggunakan Skala Likert, yang berhubungan dengan pernyataan tentang seseorang
terhadap sesuatu, misalnya setuju-tidak setuju, senang-tidak senang, dan
baik-tidak baik (Umar, 2003).
Pengukuran Efektifitas
Iklan dengan EPIC model yang diolah dengan menggunakan Analisis Tabulasi Sederhana
dan Penghitungan Rata-rata Terbobot (Durianto dkk, 2003)
Pengukuran Efektifitas
Iklan dengan DRM digunakan untuk mengevaluasi kekuatan sebuah iklan yang berkaitan
dengan kemampuan iklan untuk menarik perhatian konsumen.
Uji Chi-Square penelitian
ini dilakukan uji Chi-Square
karakteristik perilaku menonton televisi dengan keputusan pembelian, dengan karakteristik
durasi menonton telvisi, kebiasaan menonton televisi, frekuensi menonton
televisi dan kebiasaan menonton iklan.
Hasil
Analisa
Kartu Seluler IM3 telah
menjadi top of mind pada benak konsumen, selanjutnya untuk brand recall, IM3
menduduki posisi kelima setelah Kartu Seluler Axis. Hal ini membuktikan bahwa
Kartu Seluler IM3 memiliki posisi puncak pikiran dan memiliki citra di benak
konsumen, dengan demikian Kartu Seluler IM3 cukup dikenal masyarakat dan hal
ini menjadi peluang bagi Indosat untuk meningkatkan pangsa pasar di Indonesia. Pengukuran
efektivitas iklan dengan menggunakan EPIC
Model menunjukan bahwa iklan Kartu Seluler IM3 dinilai telah efektif.
Hasil tersebut menunjukan bahwa kinerja dari iklan belum cukup maksimal.
Rekomendasi
Iklan IM3 “IM3 Seru
Gratis Gak Abis Abis” telah terbukti efektif di kampus IPB dan mempunyai
pengaruh terhadap keputusan pembelian kepada responden, maka sebaiknya produsen
terus mempertahankan dan meningkatkan kualitas iklan agar lebih efektif. Pada
dimensi persuasif hasil menunjukan cukup efektif, sebaiknya perusahaan berusaha
untuk lebih meningkatkan kualitas iklan agar 69 konsumen lebih tertarik membeli
produk dan mengajak rekan untuk mnggunakan produk Kartu Seluler IM3.
Sumber:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar