Selasa, 23 Oktober 2012

Metode Riset : Analisis Jurnal 2


JURNAL 2

Judul, Nama, Tahun
ANALISIS FAKTOR PRIBADI DAN FAKTOR PSIKOLOGIS YANG MEMPENGARUHI PROSES KEPUTUSAN KONSUMEN MEMPERGUNAKAN KARTU XL PADA MAHASISWA S1 EKSTENSI MANAJEMEN USU, Hetty Putri Sipatuhar, 2009.

Tema: Keputusan Pembelian Terhadap Kartu Operator Seluler

Latar Belakang:
Ada banyak perusahaan yang bergerak dalam bidang telekomunikasi, khususnya jasa telekomunikasi bergerak (seluler) atau sebagai salah satu operator GSM (Global System Mobile) yang menggunakan kartu telepon. Salah satunya adalah PT Excelcomindo Pratama, Tbk.

Masalah:
Apakah faktor pribadi dan faktor psikologis berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan proses keputusan konsumen mempergunakan kartu XL pada mahasiswa S1 Ekstensi Manajemen USU.

Tujuan:
Mengetahui dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi prilaku konsumen yang mendasari proses keputusan konsumen mempergunakan kartu XL pada mahasiswa S1 Ekstensi Manajemen USU.

Metodologi Penilitian:
1. Data dan Sumber Data
Penulis menggunakan metode primer dimana penulis memberikan kuesioner dan wawancara dan menggunakan metode sekunder dimana penulis mempelajari berbagai tulisan untuk mendukung penelitian.
2. Populasi dan Sample
Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa S1 Ekstensi Manajemen Universitas Sumatra Utara stambuk 2005, 2006, 2007, dan 2008. Pada penelitian ini sample diambil dengan menggunakan metode Accidental Sampling yaitu tehnik penentuan sample berdasarkan kebetulan.
3. Metode Analisis
Penelitian ini menggunakan Analisis Deskriptif dengan cara mengumpulkan, mengolah, menyajikan, menginterprestasikan data, selain itu juga menggunakan Analisis Regresi Linier Berganda digunakan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari variable bebas (pribadi dan psikologis) terhadap variable terikat (proses keputusan konsumen).

Hasil Analisis:
Secara serentak variable faktor pribadi dan faktor psikologis berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen mempergunakan kartu XL pada Mahasiswa S1 Ekstensi Manajemen USU.

Rekomendasi:      
Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut keputusan konsumen terhadap kartu XL dengan  faktor lain selain yang telah diteliti pada penelitian tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar