JURNAL
1
Judul,
Nama, Tahun:
ANALISIS PERILAKU KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN
KARTU SIMPATI, Aziz Husyairi, 2006.
Tema:
Keputusan Pembelian Terhadap Kartu
Operator Seluler
Latar
Belakang:
Perkembangan teknologi
yang pesat di abad 21 berdampak pada semua bidang kehidupan termasuk bidang
komunikasi. Selain kecanggihan dan kelengkapan fitur dari merek ponsel sendiri,
peranan perusahaan penyedia jasa operator sebagai penghubung antar jaringan
juga tidak kalah pentingnya. Tanpa adanya perusahaan penyedia jasa operator,
maka telepon seluler tidak akan berfungsi karena keduanya merupakan barang yang
tidak dapat dipisahkan.
Masalah:
1. Bagaimana
karakteristik mahasiswa S1 sebagai konsumen kartu simPATI di Institut Pertanian
Bogor ?
2. Bagaimana proses
keputusan pembelian yang dilakukan oleh mahasiswa S1 sebagai konsumen kartu
simPATI di Institut Pertanian Bogor ?
3. Atribut-atribut
dominan apakah yang mempengaruhi keputusan pembelian mahasiswa S1 sebagai konsumen
kartu simPATI di Institut Pertanian Bogor ?
4. Bagaimana sikap dan
perilaku mahasiswa S1 Institut Pertanian Bogor sebagai konsumen kartu simPATI ?
Tujuan:
(1) Mengidentifikasi
karakteristik mahasiswa S1 sebagai
konsumen kartu simPATI di IPB
(2) Menganalisis proses
keputusan pembelian yang dilakukan oleh mahasiswa S1 sebagai konsumen kartu
simPATI di IPB
(3) Mengidentifikasi
atribut dominan yang dimiliki kartu simPATI
(4) Menganalisis
sikap dan perilaku mahasiswa S1 sebagai
konsumen kartu simPATI di IPB
Metodologi
Penelitian:
1. Data dan Sumber Data
Penelitian ini
dilakukan dengan menggunakan metode primer (observasi dan survey) dan
menggunakan metode sekunder ( melalui studi kepustakaan)
2. Sample dan Populasi
Populasi dari
penelitian ini adalah mahasiswa S1 IPB meliputi delapan fakultas dan Tingkat
Persiapan Bersama (TPB). Jumlah contoh yang diambil sebanyak 100 responden
(pembulatan ke atas). Penarikan contoh dilakukan dengan metode nonprobability
digunakan untuk mengidentifikasi karakteristik konsumen dan menganalisis proses
keputusan pembelian kartu simPATI.
3. Metode Analisis
Metode yang digunakan
menggunakan uji instrument, analisis tabulasi deskriptif digunakan untuk mengidentifikasi
karakteristik konsumen dan menganalisis proses keputusan pembelian kartu
simPATI, Metode Importance-Performance
Analysis digunakan untuk menetapkan tingkat kepentingan dan kepuasan atribut,
Analisis komponen utama digunakan untuk mengetahui faktor yang paling
mempengaruhi responden dalam mengambil keputusan, Analisis multiatribut
Fishbein dalam penelitian ini digunakan untuk menganalisis sikap dan perilaku
konsumen kartu simPATI.
Hasil
Analisis:
Hasil dari penelitian
ini menunjukan bahwa sinyal dan jaringan dianggap sebagai atribut paling dominan
karena mempunyai nilai tingkat kepentingan dan kepuasan tertinggi.
Rekomendasi:
Diharapkan penelitian
selanjutnya perlu melakukan analisis terhadap kartu seluler GSM lainnya selain
kartu simPATI khususnya yang berbasis CDMA karena bisnis seluler CDMA mulai
berkembang di Indonesia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar