Selasa, 23 Oktober 2012

Metode Riset : Analisis Jurnal 1


JURNAL 1

Judul, Nama, Tahun:
ANALISIS PERILAKU KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN KARTU SIMPATI, Aziz Husyairi, 2006.

Tema: Keputusan Pembelian Terhadap Kartu Operator Seluler

Latar Belakang:
Perkembangan teknologi yang pesat di abad 21 berdampak pada semua bidang kehidupan termasuk bidang komunikasi. Selain kecanggihan dan kelengkapan fitur dari merek ponsel sendiri, peranan perusahaan penyedia jasa operator sebagai penghubung antar jaringan juga tidak kalah pentingnya. Tanpa adanya perusahaan penyedia jasa operator, maka telepon seluler tidak akan berfungsi karena keduanya merupakan barang yang tidak dapat dipisahkan.

Masalah:
1. Bagaimana karakteristik mahasiswa S1 sebagai konsumen kartu simPATI di Institut Pertanian Bogor ?
2. Bagaimana proses keputusan pembelian yang dilakukan oleh mahasiswa S1 sebagai konsumen kartu simPATI di Institut Pertanian Bogor ?
3. Atribut-atribut dominan apakah yang mempengaruhi keputusan pembelian mahasiswa S1 sebagai konsumen kartu simPATI di Institut Pertanian Bogor ?
4. Bagaimana sikap dan perilaku mahasiswa S1 Institut Pertanian Bogor sebagai konsumen kartu simPATI ?

Tujuan:
(1) Mengidentifikasi karakteristik mahasiswa S1 sebagai  konsumen kartu simPATI di IPB
(2) Menganalisis proses keputusan pembelian yang dilakukan oleh mahasiswa S1 sebagai konsumen kartu simPATI di IPB
(3) Mengidentifikasi atribut dominan yang dimiliki kartu simPATI
(4) Menganalisis sikap  dan perilaku mahasiswa S1 sebagai konsumen kartu simPATI di IPB

Metodologi Penelitian:
1. Data dan Sumber Data
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode primer (observasi dan survey) dan menggunakan metode sekunder ( melalui studi kepustakaan)
2. Sample dan Populasi
Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa S1 IPB meliputi delapan fakultas dan Tingkat Persiapan Bersama (TPB). Jumlah contoh yang diambil sebanyak 100 responden (pembulatan ke atas). Penarikan contoh dilakukan dengan metode nonprobability digunakan untuk mengidentifikasi karakteristik konsumen dan menganalisis proses keputusan pembelian kartu simPATI.
3. Metode Analisis
Metode yang digunakan menggunakan uji instrument, analisis tabulasi deskriptif digunakan untuk mengidentifikasi karakteristik konsumen dan menganalisis proses keputusan pembelian kartu simPATI, Metode Importance-Performance Analysis digunakan untuk menetapkan tingkat kepentingan dan kepuasan atribut, Analisis komponen utama digunakan untuk mengetahui faktor yang paling mempengaruhi responden dalam mengambil keputusan, Analisis multiatribut Fishbein dalam penelitian ini digunakan untuk menganalisis sikap dan perilaku konsumen kartu simPATI.

Hasil Analisis:
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa sinyal dan jaringan dianggap sebagai atribut paling dominan karena mempunyai nilai tingkat kepentingan dan kepuasan tertinggi.

Rekomendasi:
Diharapkan penelitian selanjutnya perlu melakukan analisis terhadap kartu seluler GSM lainnya selain kartu simPATI khususnya yang berbasis CDMA karena bisnis seluler CDMA mulai berkembang di Indonesia.

Sumber: http://repository.ipb.ac.id/bitstream/handle/123456789/10335/H06kah.pdf?...3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar